10 Hal yang Tidak Anda Ketahui Tentang Google Maps

Minggu, 23 Juni 2013

Google Maps
Siapa yang tak pernah mencoba Google Maps. Sebuah layanan pemetaan digital jempolan dari Google. Produk peta digital ini telah membantu jutaan orang di dunia terkait soal navigasi, lokasi, bahkan memertemukan keluarga yang hilang. Namun, ada 10 hal yang mungkin tidak Anda ketahui soal Google Maps.
10. SketchUp atau Building Maker
Tahukah Anda jika pengguna juga bisa ciptakan model 3D via Google Maps atauGoogle Earth? Ini berarti Anda tidak hanya sekadar sebagai pengguna. Google berikan kesempatan edukasi membuat model 3D via SketchUp atau Building Maker.
9. Kontribusi
Google telah petakan hampir seluruh wilayah di dunia. Pun juga, mereka memotret jutaan foto lokasi dan jalan raya. Namun, Google tak mampu berikan keterangan di semua lokasi. Pengguna bisa berkontribusi berikan saran, koreksi, diskripsi, sertaadditional foto lokasi.
8. Bisa digunakan offline
Google Maps hadir di pelbagai perangkat mobile contohnya Android. Namun tahukah Anda jika aplikasi ini tetap bisa digunakan meski dalam kondisi luring? Ya, walaupn tak terkoneksi dengan internet, Anda tetap bisa bernavigasi via Google Maps.
7. Tidak sempurna
Meski telah memetakan hampir seluruh wilayah di dunia, Google Maps tetap miliki kekurangan. Misalnya saja soal lokasi yang tak bisa dijangkau. Korea Utara, adalah salah satu wilayah yang tidak bisa disentuh Google Maps.
6. Lalu-lintas
Di beberapa lokasi tertentu, Google Maps mampu tampilkan data lalu-lintas terkini secara real-time. Misalkan di beberapa lokasi di Britania Raya. Tinggal klik di bagian pojok kanan atas layar maka kondisi trafik lalu-lintas akan ditampilkan.
5. Lokasi yang tak mungkin
Jika dibilang tak mungkin dijamah, memang benar. Namun Google Maps terbukti mampu ‘mengunjunginya’. Sebut saja Gunung Everest atau ‘Kota Hantu’ di Fukushima. Bahkan Google Maps juga telah sambangi gua bawah tanah; gua Akiyoshi-do, Jepang, dan beberapa gua di Hutan Hujan Amazon.
4. Simulasi penerbangan
Ingin berlagak sebagai pilot, sila coba simulasi penerbangan di Google Earth. Di opsi tool pilih Enter Flight Simulator. Kemudian tinggal pilih jenis pesawat dan lokasiya.
3. Google Maps Street View 3D
Mungkin banyak yang tidak mengetahui jika Google Maps Street View bisa ditampilkan dalam visual tiga dimensi (3D).
2. Desain jempolan
Google Earth tawarkan grafis antar muka yang lebih jempolan dibandingkan Google Maps. Jadi bagian dari pemetaan Google, Google Earth mampu sambangi Bulan, antariksa, bahkan Planet Mars.
1. Google Earth
Google Earth adalah bagian dari Google Maps. Layanan ini miliki kelebihan yang tidak dimiliki Google Maps. Seperti disebutkan sebelumnya, Google Earth telah sambangi Bulan dan Planet Mars. Dulu menggunakan Google Earth harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Kini, Google Earth bisa langsung dinikmati di situs Google Maps (web). Namun, pengguna harus mengunduh terlebih dahuluplugin Google Earth untuk menjalankan peta digital interaktif ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 
;