ATRAKSI BUDAYA

Jumat, 26 April 2013

ATRAKSI BUDAYA

GURO-GURO ARON

Secara rutin setiap tahunnya dilaksanakan kegiatan kesenian tradisional Karo yaitu Guro Guro Aron yang dilaksanakan pada waktu turun ke ladang/sawah dan setelah panen di desa desa Kecamatan Simpang Empat, Munthe, Tiga Binanga, Juhar, Payung, Kuta Buluh, Tiga Panah, Lau Baleng yang tujuannya agar tanaman tumbuh dengan subur dan panen melimpah ruah serta bersilaturahmi antar keluarga. Guro guro aron merpakan atraksi gendang tradisional karo dan sepasang penyanyi dan penari 5 (lima) marga yang ada di Tanah Karo.
 
 


ERPANGIR KU LAU


Pada masa lalu Kebudayaan Erpangir Ku Lau merupakan kegiatan Sakral bagi masyarakat Suku Karo, yaitu mandi ke sungai dengan memberi sesajen agar kelak di kemudian hari diberkati Tuhan Yang Maha Esa. Acara Erpangir Ku Lau samapi saat ini masih ada di beberapa tempat yang dilaksanakan dalam upacara perkawinan, membuat nama anak dan menolak penyakit yag dibuat oleh roh roh jahat. 
 
 


PERUMAH BEGU


Perumah Begu merupakan kegiatan budaya dimana seorang dukun mampu memanggil kembali roh roh leluhur ke dalam jiwa raganya. Hal ini dilaksanakan untuk berkomunikasi kembali guna mengetahui keadaan leluhur di alam baka dan sekaligus melepaskan rindu. Kegiatan ini masih ditemui di beberapa tempat secara isidentil


sumber: http://lisakaban.blogspot.com/2013/01/atraksi-budaya.html

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 
;